Mengenal Parenting Coach, Serta Beragam Manfaatnya untuk Anda Para Orang Tua

Mengenal Parenting Coach, Serta Beragam Manfaatnya untuk Anda Para Orang Tua

Perubahan zaman, banyak mengubah pola-pola kehidupan manusia. Salah satu pola kehidupan yang berubah adalah cara mengasuh anak-anak.

Anda tentu menyadari bahwa cara mengasuh anak pada zaman dahulu tidak bisa sepenuhnya diterapkan pada anak-anak saat ini.

Sebagai orang tua Anda pasti berharap bahwa sang buah hati mampu tumbuh menjadi generasi yang hebat di masa mendatang.

Salah satu cara yang bisa membantu Anda berubah menjadi sosok orang tua yang lebih baik ialah dengan belajar ilmu parenting. Namun ternyata, belajar ilmu parenting saja tidak cukup efektif untuk mendukung tumbuh-kembang anak.

Menurut hasil penelitian Thomas G. Crane (2002) Jane Greene dan Anthony M. Grant (2003), mengikuti sebuah seminar ataupun training tanpa adanya tindakan lanjutan seperti coaching hanya memberi dampak perubahan sekitar 22% saja dalam jangka panjang.

Lain halnya bila Anda menindaklanjutinya dengan proses coaching, maka ada perubahan dampak yang lebih besar, yaitu sekitar 88%.

Oleh karena itu, parenting coaching yang berperan untuk membantu para orang tua belajar ilmu parenting sekaligus menjalani proses coaching. Apa itu parenting coaching? Temukan jawabannya melalui ulasan berikut.

Apa itu Parenting Coaching?

Parenting coaching adalah rangkaian sesi coaching yang dirancang khusus untuk membantu para orang tua dalam mengembangkan diri demi menemukan pola asuh terbaik untuk anak.

Melalui sesi ini, Anda akan dibantu oleh parent coach dalam membangun self-awareness dalam diri. Dengan begitu, Anda akan lebih paham dengan potensi diri. Sehingga mampu memanfaatkannya untuk menjalin hubungan kedekatan dengan sang buah hati.

Parenting coaching juga berperan mendampingi para Anda untuk menemukan solusi atas berbagai masalah yang berhubungan dengan anak. Mulai dari usia dini sampai remaja.

Menurut Gloria Degaetano CEO Parent Coaching Institute and Parent Coach International, menggunakan jasa parenting coaching sebenarnya lebih bermanfaat daripada meminta nasihat dari keluarga atau kerabat dekat yang terkadang justru menghakimi.

Karena idealnya parenting coaching tak akan memberitahu bagaimana menemukan solusi masalah parenting. Tetapi membantu orang tua dalam mengenali dan mengembangkan potensi diri, agar dapat merumuskan solusi secara mandiri.

Manfaat Parenting Coaching

Parenting coaching juga mendatangkan berbagai manfaat untuk kehidupan Anda sebagai orang tua. Manfaat tersebut di antaranya:

Membantu Anda Mengatasi Perilaku Buruk Pada Anak

Pada saat-saat tertentu, ada kalanya anak menunjukkan perilaku buruk. Sebagai orang tua, Anda tentu tidak ingin bukan melihat perilaku buruk sang buah hati? Terlebih jika mereka melakukannya di tempat umum, pasti malu bukan?

Salah satu penyebab anak berperilaku buruk adalah pola asuh orang tua yang salah. Nah, melalui sesi parenting coaching Anda bisa menemukan pola asuh terbaik guna meminimalisir perilaku buruk pada anak.

Memperbaiki Komunikasi di Lingkup Keluarga

Melalui sesi coaching, Anda akan menjadi sosok yang lebih mengenali diri sendiri dan orang lain. Alhasil Anda bisa menentukan pola komunikasi terbaik yang mudah dipahami dan diterima oleh keluarga (khususnya anak).

Dengan tali komunikasi yang membaik, hubungan kedekatan keluarga pun dapat semakin erat. Hubungan kedekatan ini juga berperan dalam mendukung proses tumbuh kembang sang buah hati.

Mengurangi Rasa Ketergantungan Pada Orang Lain

Saat menemukan masalah pada anak, tak jarang para orang tua yang langsung meminta tolong pada kerabat dekat.

Semakin sering hal ini dilakukan maka akan timbul rasa ketergantungan kepada orang lain. Akibatnya, Anda menjadi sosok yang tidak mampu menyelesaikan masalah sendiri.

Untungnya, sesi parenting coaching bisa mengatasi masalah ini. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sesi coaching dapat membantu Anda dalam merumuskan solusi atas masalah yang sedang terjadi.

Memberi Dukungan Emosional

Mengasuh anak terkadang memberikan suatu tantangan tersendiri bagi Anda para orang tua. Tak jarang ditemukan para orang tua merasa kewalahan dan berujung pada marah-marah.

Akan tetapi situasi ini dapat dihindari dengan sesi parenting coaching. Melalui sesi ini Anda akan bakal memperoleh dukungan emosional dan nasihat yang baik dari seorang coach.

Demikian pembahasan tentang parenting coaching. Semoga artikel ini bisa membantu Anda menjadi orang tua yang lebih baik, serta mampu menciptakan generasi hebat di masa depan.

Belajar ilmu Coaching melalui sertifikasi internasional bersama Hijrah Coach. Klik disini untuk mengetahui lebih lanjut.

Scroll to Top