Bagaimana Cara Mengatasi Kelemahan Diri Sendiri? Temukan Jawabannya Di sini

Bagaimana Cara Mengatasi Kelemahan Diri Sendiri? Temukan Jawabannya Di sini

Bagaimana Cara Mengatasi Kelemahan Diri Sendiri? Temukan Jawabannya Di sini

Di kehidupan ini, tidak ada manusia yang sempurna. Masing-masing dari kita tentu punya kelemahan diri. Begitupun Anda.

Dengan mempunyai kelemahan diri, bukan berarti kita tidak dapat meraih kesuksesan. Justru ada banyak tokoh-tokoh ternama mampu sukses walau dengan kelemahan yang dimilikinya.

Anda tahu Albert Einstein? Beliau merupakan sosok fisikawan terkenal dengan segudang penemuan. Hasil dari penemuan-penemuan beliau pun banyak berguna hingga kehidupan saat ini.

Namun, Ternyata Albert Einstein mempunyai kelemahan diri berupa gangguan mental ADHD. Gangguan ini membuat para penderitanya susah fokus dalam menyimak sesuatu. 

Albert Einstein mengidap gangguan ini sejak muda dan menjadikannya sering melamun saat belajar di sekolah.

Akan tetapi apa yang terjadi setelahnya? Beliau malah tumbuh menjadi sosok fisikawan jenius dengan beragam temuannya.

Dari kisah singkat tersebut kita belajar bahwa kelemahan dalam diri bukanlah hambatan untuk meraih sebuah kesuksesan. 

Sayangnya, beberapa dari kita masih merasa tidak percaya diri dengan kelemahan yang dimiliki.  Dan berujung pada sikap pasrah tanpa ada usaha untuk bangkit berubah menjadi sosok yang lebih baik.

Lantas, bagaimana cara mengatasi kelemahan dalam diri sendiri? Ketahui jawabannya dengan menyimak artikel berikut hingga selesai.

Cara Mengetahui Kelemahan Diri Sendiri

Sebelum beranjak pada cara mengatasi kelemahan dalam diri, ada baiknya ketahuilah dahulu apa yang sebenarnya menjadi kelemahan diri. Berikut cara-cara yang bisa Anda coba.

1. Menginstropeksi Diri

Melalui introspeksi diri, Anda bisa mengenali diri lebih jauh. Dari sini akan terungkap apa kelemahan dalam diri Anda. Sikap introspeksi diri juga akan membantu dalam menemukan cara efektif untuk mengatasi kelemahan dalam diri.

2. Terbuka dengan Pendapat Orang Lain

Tak semua kelemahan diri, dapat diungkap secara pribadi. Terkadang ada beberapa detail yang hanya bisa diketahui oleh orang lain.

Maka dari itu, Anda perlu bantuan dari orang lain untuk menilai kita. Anda bisa melakukannya dengan bertanya pada orang terdekat dan meminta masukan dari mereka.

Anda juga harus siap untuk menerima kritik dari mereka. Jadikan semua masukan mereka sebagai bahan evaluasi untuk mengubah hidup menjadi lebih baik.

3. Menulis Jurnal atau Catatan Pribadi

Memang apa hubungannya menulis jurnal dengan mengetahui kelemahan diri? Nyatanya, menurut seorang novelis terkemuka Walter Mosley, menulis adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengenali diri sendiri.

Artinya, menulis juga bisa membantu dalam mengidentifikasi kekurangan dalam diri. Tulislah hal-hal apa saja yang Anda pelajari, lakukan, dan banggakan dalam sebuah jurnal. 
Menulislah secara bebas sehingga Anda akan menemukan suatu kesimpulan. Apa saja yang menjadi kekurangan dan kelebihan yang perlu dikembangkan kedepannya.

Cara Mengatasi Kelemahan Diri Sendiri dan Mengubahnya Menjadi Potensi Kesuksesan

Setelah mengidentifikasi kelemahan Anda, saatnya menemukan cara untuk mengatasinya. Simak caranya sebagai berikut.

1. Hadapi Kelemahan Anda dengan Percaya Diri

Mulai sekarang mulailah percaya diri dengan apa yang Anda miliki. Jangan jadikan kelemahan menjadi alasan untuk merasa minder dan enggan bertumbuh. 

Contohnya, bila Anda mempunyai sifat pemalu saat berdiri di depan khalayak umum, berlatihlah. Anda bisa menghilangkan sifat pemalu yang menjadi kelemahan tersebut dengan melatih kemampuan public speaking dengan baik.

2. Belajar dari Orang lain

Ada banyak ilmu yang Anda bisa pelajari dari orang lain. Termasuk juga mengenai cara apa yang mereka lakukan untuk mengubah kelemahan menjadi potensi kesuksesan.

Temukanlah seorang sosok yang sukses dan dapat dijadikan sebagai role model. Perhatikan bagaimana cara mereka berpikir, bertindak, dan berperilaku. Tirulah hal-hal baik dari mereka dan jauhilah hal-hal yang buruk.

3. Kurangi Sikap Mengeluh

Sudah menjadi hal yang wajar bagi seseorang untuk mengeluh saat sedang mengalami kesulitan dan lemah akan suatu hal. Apabila Anda mengeluh sesekali bisa memperbaiki suasana hati, tidaklah masalah.

Namun, bagaimana jika sikap mengeluh tersebut menjadi sebuah dinding penghalang yang menghambat Anda untuk berubah? Jadi sebisa mungkin minimalisirlah keluhan Anda dengan mencari kesibukan positif lainnya.

4. Berani Melakukan Hal Baru

Ada banyak hal baru yang menanti Anda di luar sana. Dengan melakukan hal baru, Anda bisa memperbaiki kelemahan diri dan mengubahnya menjadi potensi yang lebih baik.

Contohnya, Anda senang dengan aktivitas menggambar. Tetapi Anda merasa tidak mahir dalam menggambar karena saat melakukannya langsung di media kertas, hasilnya kurang bagus. Akhirnya Anda pun memutuskan bahwa menggambar menjadi kelemahan diri.

Padahal jika Anda menggambar dengan menggunakan cara yang baru, bisa saja hasilnya berubah. Anda dapat menggambar dengan cara lain seperti memanfaatkan software atau tools dari komputer untuk memaksimalkan kemampuan tersebut.

Demikian pembahasan mengenai cara mengatasi kelemahan diri sendiri. Semoga melalui ulasan di atas Anda bisa menemukan strategi yang efektif untuk berubah menjadi sosok yang lebih baik ke depannya.

Mari Subscribe Hijrah Coach Newsletter untuk tahu lebih banyak tips & trik seputar bisnis lainnya.

Baca Juga:

Scroll to Top