Cara Mengembangkan Pola Pikir Growth Mindset untuk Kesuksesan Karier Anda

Cara Mengembangkan Pola Pikir Growth Mindset untuk Kesuksesan Karier Anda

Dunia terus berkembang dari waktu ke waktu. Demi bisa bertahan dan berkembang di tengah perubahan zaman, kita sebagai manusia juga perlu untuk bertumbuh dan mengembangkan pola pikir secara tepat.

Begitupun dalam dunia karier professional. Persaingan untuk bisa meraih kesuksesan semakin ketat. Maka dari itu, Anda perlu terus berkembang untuk menjadi sosok individu yang lebih baik.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk berkembang menjadi lebih baik ialah dengan mempunyai Growth mindset (pola pikir bertumbuh). Apakah istilah tersebut masih terdengar asing untuk Anda?

Jika iya, mari cari tahu dahulu apa yang dimaksud dengan growth mindset melalui ulasan artikel berikut ini.

Baca juga: Metode Coaching, Cara Terbaik Meningkatkan Kualitas Diri

Apa itu Growth Mindset?

Growth mindset adalah suatu pola pikir atau sebuah keyakinan bahwa kemampuan dasar dan bakat yang dimiliki seseorang dapat dikembangkan melalui dedikasi dan kerja keras. Seseorang yang mempunyai pola pikir ini akan memiliki rasa keinginan belajar yang tinggi.

Mereka yang memiliki pola pikir bertumbuh juga cenderung lebih mementingkan suatu proses daripada hasil. Karena itu, para pemilik growth mindset tidak takut mengalami kegagalan. Mereka yakin, bahwa kegagalan bukanlah akhir. Namun, suatu proses untuk bertumbuh agar bisa menjadi sosok yang lebih baik.

Baca juga: Apa Itu Coaching? Ini Tujuan dan 6 Prinsip Menerapkannya

Pentingnya Growth Mindset untuk Kesuksesan Karier

Setiap orang tentu ingin memiliki jenjang karier yang cemerlang, termasuk Anda bukan? Oleh karena itu Anda perlu mempunyai pola pikir growth mindset. Dengan pola pikir ini, Anda akan mempunyai keinginan untuk terus bertumbuh hingga mampu meraih tujuan hidup diinginkan.

Pola pikir bertumbuh juga akan membantu untuk menjadi sosok yang berani dalam mengambil risiko dan menghadapi segala tantangan. Seperti diketahui, untuk memperoleh jenjang karier impian tidak bisa diperoleh secara instan. Anda akan menemukan banyak rintangan dan bahkan kegagalan.

Nah, di sinilah peran growth mindset diperlukan. Dengan memiliki pola pikir ini, Anda akan mempelajari apa yang menyebabkan kegagalan bisa terjadi. Lalu, mengevaluasi dan memperbaiki diri menjadi lebih baik. Alhasil Anda akan mampu meraih kesuksesan karir di masa mendatang.

Baca juga: Life Coaching, Apa Manfaat dan Bagaimana Programnya?

Cara Mengembangkan Pola Pikir Growth Mindset untuk Kesuksesan Karir 

Berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melatih Growth Mindset dalam diri Anda. Simak ulasan berikut

1. Mengembankan Pola Pikir dengan Aktif Melakukan Pengembangan Diri

Cara pertama yang perlu dilakukan untuk membangun growth mindset adalah aktif melakukan pengembangan diri. Melalui kegiatan ini, Anda dapat meningkatkan suatu kemampuan menjadi lebih baik.

Ada banyak cara yang bisa dilaksanakan untuk mengembangkan kemampuan. Mulai dari membaca buku, ikut kursus pelatihan, melaksanakan sesi coaching, bergabung dengan suatu komunitas belajar, dan sebagainya.

2. Mengenali dan Menggali Potensi Diri Sendiri

Mengenali diri sendiri lebih jauh juga Anda butuhkan untuk membangun pola pikir bertumbuh. Melalui hal ini, akan diketahui hal-hal apa saja yang menjadi potensi dalam diri.

Contohnya, Anda mempunyai potensi dalam berkomunikasi secara efektif. Nah, potensi kemampuan tersebut bisa dikembangkan menjadi lebih baik. Sehingga, Anda akan mahir dalam melakukan banyak hal yang berkaitan dengan komunikasi. Seperti public speaking. Negosiasi, dan lain-lain.

Apabila belum tahu cara menggali potensi diri, Anda bisa mempelajari ilmu Neuroscience bersama Hijrah Coach dalam program Certified Hijrah Mind Practitioner.

3. Terima Segala Kritik dengan Terbuka

Seseorang yang membangun pola pikir bertumbuh akan menerima segala kritik dari orang lain. Pasalnya, mereka menyadari bahwa kritik amat berperan penting untuk mengevaluasi dan memperbaiki diri menjadi lebih baik.

Bagi Anda yang ingin melatih pola pikir bertumbuh, cobalah untuk menerima kritik dan masukan dari pihak luar. Jadikanlah itu semua sebagai bahan evaluasi untuk mengembangkan diri sebagai leader yang memahami prinsip agile. Ini penting bagi Anda memiliki skill agile metodology melalui sertifikasi Agile Coach untuk membentuk lingkungan terbuka dan saling mendukung.

4. Mengembangkan Pola Pikir dengan Menghargai proses

Tidak ada kesuksesan yang diraih dengan cara instan. Begitupun untuk Anda yang sedang melatih pola pikir bertumbuh. Ada rentetan proses yang perlu dilalui untuk memiliki Growth Mindset.

Nikmatilah prosesnya agar Anda dapat mempunyai pola pikir bertumbuh yang benar-benar matang. Hadapi setiap rintangan yang ada dan teruslah belajar demi menjadi pribadi yang lebih baik di masa depan.

5. Belajar dari Kesalahan Diri Sendiri maupun Orang Lain

Anda bisa belajar dari mana saja. Baik dari kesalahan diri Anda sendiri maupun kesalahan dari orang lain. Mengapa perlu belajar dari kesalahan orang lain?

Karena dengan belajar dari orang lain Anda bisa membuka wawasan yang lebih luas dan mempelajari hal-hal yang belum pernah diketahui. Selain itu, belajar dari pengalaman orang lain juga dapat menurunkan risiko agar Anda dapat menghindari kesalahan serupa.

Itulah beberapa pembahasan mengenai cara mengembangkan pola pikir growth mindset. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk bertransformasi menjadi lebih baik.

Salah satu cara efektif untuk berubah menjadi sosok yang lebih baik adalah dengan mempelajari ilmu Coaching.

Dengan belajar ilmu Coaching, Anda akan mengetahui apa yang menjadi potensi dan potential blindspot dalam diri. Alhasil, Anda dapat mengelola kehidupan menjadi lebih optimal.

Telusuri ilmu Coaching lebih jauh bersama World Class Master Coach dalam program Associate Business Coach di Hijrah Coach.

Ikuti Program Hijrah Coach Terbaru

Scroll to Top