hijrahcoach

Pentingnya Pelatihan SDM untuk Perkembangan Perusahaan

Salah satu langkah andalan perusahaan untuk meningkatkan kompetensi karyawan adalah dengan mengadakan pelatihan SDM. Langkah ini memang penting untuk dilaksanakan.

Pasalnya, pelatihan SDM terbukti cukup mumpuni dalam mengembangkan kemampuan karyawan dan memberikan pengetahuan serta pemahaman yang baik mengenai target dan sasaran perusahaan.

Kompetensi yang meningkat bakal membentuk SDM yang berkualitas baik sehingga dapat mengembangkan eksistensi perusahaan.

Bukan cuma itu, produktivitas SDM pada sebuah perusahaan pun dapat ditingkatkan melalui program pelatihan dan pengembangan SDM. 

Sayangnya, masih banyak perusahaan yang mengesampingkan urgensi pelatihan SDM. Padahal, jika pelatihan dan pengembangan SDM  dilaksanakan secara berkala dan sistematis, dampak positifnya akan dirasakan oleh perusahaan.

Lebih lengkapnya, mari Anda simak paparan seputar pelatihan SDM berikut ini.

Urgensi Melakukan Pelatihan SDM

Keberhasilan sebuah perusahaan sangat lekat dengan kinerja para karyawannya. Dengan kualitas kinerja yang baik tentu akan memberikan hasil maksimal untuk perusahaan.

Namun, tidak mudah bagi sebuah perusahaan mencari seorang karyawan yang mempunyai kinerja tinggi.

Maka dari itu sangat diperlukan program pelatihan SDM guna meningkatkan kualitas karyawan yang kelak bakal memberikan imbal balik positif bagi perusahaan. 

Pelatihan dan pengembangan SDM merupakan hal krusial yang harus ada di dalam sebuah manajemen organisasi. 

Pelatihan SDM akan memberikan kesempatan pada setiap karyawan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan mereka. 

Program pelatihan SDM biasanya akan diberikan kepada semua karyawan baik junior maupun senior. Dengan begitu, setiap karyawan siap menghadapi situasi kerja sesuai pakem organisasi. 

Selain itu, program ini juga dapat mengembangkan kemampuan intelektual dan kepribadian karyawan tersebut. 

Tujuan Pelatihan SDM

Program pelatihan dan pengembangan SDM harus dijalankan dalam sebuah perusahaan karena memiliki tujuan yang dapat bermanfaat untuk jangka panjang. 

Berikut ini beberapa tujuan diadakannya pelatihan SDM dalam sebuah perusahaan:

Memperbaiki dan Meningkatkan Keahlian 

Seorang karyawan harus melek teknologi agar dapat mengikuti perubahan dan perkembangan zaman. 

Melalui pelatihan SDM, seorang pelatih akan memastikan bahwa setiap individu secara efektif akan mampu menggunakan teknologi baru dan meningkatkan produktivitasnya.

Mempersingkat Waktu Belajar 

Ketika karyawan mengikuti program pelatihan secara rutin, kemampuan mereka akan bertambah secara bertahap. 

Karyawan dengan keahlian baik yang terus diasah akan lebih mudah dalam mempelajari dan mempraktikkan berbagai hal baru. Keahlian baru ini dapat menjadi amunisi bagi perusahaan untuk bergerak progresif. 

Mengatasi Persoalan Operasional 

Teknologi telah berkembang kian canggih. Jika seorang karyawan tidak dibekali dengan pelatihan teknis yang mendukung kinerjanya, ia berisiko mengalami kebingungan dalam bekerja. 

Terlebih perusahaan yang menerapkan sistem operasional yang modern, tentu wajib memberikan pelatihan bagi SDM agar pengetahuannya terus terbarukan. 

Meningkatkan Profesionalisme Karyawan 

Karyawan yang mendapatkan pelatihan pasti akan memiliki kemampuan dan pengetahuan baru sehingga profesionalisme karyawan berpotensi meningkat.

Meningkatnya mutu dari kinerja seorang karyawan akan berpengaruh pula pada peningkatan mutu produktivitas perusahaan tersebut.   

Manfaat Pelatihan SDM 

Lantas apa saja manfaat yang akan didapat perusahaan jika melaksanakan pelatihan karyawan? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Menyiapkan Pemimpin Masa Depan 

Program pelatihan karyawan akan membantu perusahaan untuk menemukan bakat-bakat terpendam para calon pemimpin baru. 

Perusahaan dengan program pengembangan yang baik akan  selalu mempertimbangkan tujuan perusahaan pada masa depan dengan mencetak bibit-bibit pemimpin yang unggul. 

Pemberdayaan Karyawan 

Siapapun yang bekerja di sebuah perusahaan baik manajer maupun karyawan yang merasa dirinya diberdayakan dan difasilitasi, ia cenderung menjadi lebih proaktif dalam menjalankan kewajibannya. 

Mereka akan memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi pula dalam melaksanakan pekerjaan mereka.

Jenis-Jenis Pelatihan SDM untuk Perusahaan

Setelah mengetahui beberapa tujuan serta manfaat pelatihan SDM, saatnya menentukan jenis pelatihan apa yang paling dibutuhkan oleh karyawan Anda?

Pelatihan Keahlian Karyawan 

Pelatihan keahlian karyawan  bisa dikatakan cukup sering dilakukan oleh beberapa perusahaan. Bahkan, jenis pelatihan yang berkaitan dengan keterampilan teknis SDM adalah yang paling banyak diincar oleh bermacam perusahaan. 

Program pelatihan ini juga terbilang mudah dan sederhana. Caranya, dengan membuat penilaian terhadap tingkat atau level keahlian dari karyawan tersebut. Kemudian, pelatih akan mengidentifikasinya  melalui penilaian yang lebih teliti. 

Pelatihan Cross-Functional

Jenis pelatihan ini dilakukan di luar bidang pekerjaan yang dilakukan karyawan saat ini. 

Hal ini dimaksudkan agar setiap karyawan memiliki berbagai keahlian sehingga mereka mampu melakukan aktivitas kerja lainnya di luar pekerjaan utamanya.  

Yang menarik, melalui pelatihan cross-functional perusahaan dapat menemukan potensi baru yang mungkin belum dikembangkan dengan baik oleh karyawan.

Pelatihan Tim 

Memberikan pelatihan tim merupakan hal yang dianjurkan. Hal ini karena seorang karyawan tidak akan bekerja sendirian, mereka harus mampu bekerja secara tim dalam pencapaian target kinerja agar tujuan perusahaan bisa terpenuhi.

Pelatihan Teknologi 

Teknologi biasanya menjadi hambatan bagi sebagian karyawan yang tergolong senior. Untuk itu, pelatihan teknologi menjadi opsi terbaik agar karyawan terbantu dalam meningkatkan kinerjanya.

Perusahaan yang mengadakan pelatihan SDM agar para karyawan melek teknologi telah mendukung karyawan untuk bekerja sesuai dengan perkembangan zaman.

Pelatihan Bahasa

Pelatihan dan pengembangan bahasa juga menjadi hal yang harus diperhatikan. Terlebih jika target atau bahkan mitra perusahaan berasal dari dalam maupun di luar negeri. 

Maka, penguasaan terhadap bahasa asing ini tidak kalah esensial bagi perusahaan. Bayangkan, jika perusahaan global justru kekurangan SDM yang mampu berbahasa asing, jelas akan merugikan perusahaan.  

Secara keseluruhan dapat dipahami bahwa pelatihan SDM merupakan bentuk investasi bagi perusahaan. Artinya, hasil yang dipetik tentu akan sebanding dengan nilai yang dikeluarkan oleh perusahaan. 

Referensi:

Baca juga:

Scroll to Top