Penjualan Produk Stagnan Penyebab Bisnis Gagal

Penjualan Produk Stagnan? Hati-Hati Bisnis Anda Berpotensi Gagal

Menjalankan sebuah bisnis memang bukan perkara mudah. Pasalnya, ada banyak hal yang perlu diperhatikan dan dikelola dengan baik agar bisnis atau perusahaan bisa bertahan dan berkembang.

Belum lagi ketatnya persaingan dengan kompetitor membuat operasional bisnis kian sulit untuk dilakukan. Terlebih jika usaha Anda masih dalam skala mikro, kecil dan menengah.

Sebuah riset dari SmallBizTrends membuktikan bahwa hanya 40% pemilik usaha kecil yang mampu menghasilkan profit dari bisnisnya. 

Sebanyak 30% lainnya hanya mampu memperoleh income untuk menutupi modal, dan sisanya terus mengalami kerugian, hingga akhirnya bangkrut.

95 % Bisnis Gagal & Gulung Tikar di Lima Tahun Pertama

Saat bisnis Anda tidak mampu memperoleh income yang cukup dan Anda tidak segera menemukan solusinya, potensi terjadinya kebangkrutan pun kian tinggi.

Ini kembali dibuktikan dengan hasil laporan dari Small Business Administrations, 95% bisnis gagal dan gulung tikar di lima tahun pertama operasional.

Sebanyak 5% bisnis yang bertahan selama kurun lima waktu tersebut, dapat disimpulkan bahwa mereka dapat mengidentifikasi masalah dan solusi yang mereka alami.

Selain itu, masih ada banyak faktor-faktor lain yang bisa menentukan kemampuan perusahaan dalam bertahan dan berkembang.

Apa Penyebab Bisnis Mengalami Kegagalan?

Ada banyak hal yang mempengaruhi keberlangsungan sebuah bisnis. Mulai dari hal-hal yang mendukung bisnis mampu meraih kesuksesan. Serta, hal-hal yang menghambat bisnis untuk bertumbuh dan berujung pada kegagalan.

Kali ini mari kita ulas apa-apa saja penyebab kegagalan bisnis.

Produk Tidak Menjawab Kebutuhan Pasar

Bagaimana produk bisa laku di pasaran jika Anda tidak mampu memenuhi apa yang menjadi kebutuhan target pasar.

Maka dari itu, penting sekali untuk menganalisis target pasar Anda terlebih dahulu sebelum menciptakan produk. Dengan begitu, produk yang Anda pasarkan dapat menarik minat customer.

Perencanaan Marketing Kurang Kuat

Perencanaan marketing yang baik juga mempengaruhi keberlangsungan bisnis Anda. Bagaimana tidak? Tanpa strategi marketing yang tepat, pemasaran produk tidak akan optimal. 

Saat pemasaran produk tidak optimal, bisnis Anda akan kesulitan untuk sulit mencapai target revenue secara maksimal. Jika hal ini terus terjadi dalam jangka waktu lama, bukan tidak mungkin bisnis Anda akan go-broke atau bangkrut.

Lemahnya Komunikasi Dalam Team Sales

Komunikasi yang efektif sangat mempengaruhi performa perusahaan dan kinerja team. Jika kemampuan komunikasi team Anda lemah, membangun kolaborasi kerja menjadi hal yang sangat sulit untuk diwujudkan.

Bahkan menurut survei dari Forcemanager, 70% Direktur Sales Percaya lemahnya komunikasi dalam team berdampak buruk pada performa kerja.

Beberapa dampak buruk yang terjadi saat performa kerja sales menurun: 

  • Tingkat konversi penjualan berkurang
  • Tidak mampu memaksimalkan leads
  • Target penjualan tidak tercapai

Optimalkan Penjualan Produk Anda dengan Coaching!

Coaching adalah solusi tepat untuk atasi beragam permasalahan bisnis Anda. Riset dari ICF membuktikan, coaching terbukti efektif meningkatkan performa bisnis hingga 70% dibanding metode lainnya.

Kenapa coaching bisa meningkatkan performa setinggi itu? 

Inovasi Produk Lebih Optimal

Melalui proses coaching, coach akan membantu team Anda dalam mengeksplorasi ide-ide brilian dalam inovasi produk.

Semakin baik inovasi produk yang team Anda lakukan, maka kian efektif pula produk Anda dalam menjawab kebutuhan pasar.

Ketika produk telah sesuai kebutuhan pasar, penjualan pun akan meningkat. Serta bisnis Anda bisa memperoleh revenue yang lebih tinggi.

Perencanaan Strategi Marketing Lebih Baik

Saat proses coaching, seorang coach akan memberikan pertanyaan-pertanyaan kritis yang berfungsi untuk mengidentifikasi permasalahan terkait strategi pemasaran.

Tak cuma mengidentifikasi masalah, coaching juga akan membantu Anda dalam merumuskan perencanaan strategi marketing terbaik. 

Dengan perencanaan strategi marketing yang baik, produk Anda akan lebih dikenal luas oleh calon customer.

Membangun Team Sales dan Marketing yang Kolaboratif

Proses coaching juga bermanfaat dalam membangun kolaborasi team. Khususnya kolaborasi dalam team sales dan marketing.

Hal ini terjadi karena coaching dapat digunakan untuk menggali potensi dan potential blindspot seseorang. Setelah mengenali potensi dan potential blindspot pada tim, Anda akan paham mengenai kepribadian anggota tim lebih jauh.

Dari sini Anda bisa menemukan cara terbaik untuk membangun kolaborasi secara efektif pada team sales dan marketing. 

Belajar Coaching Lebih Jauh Bersama Hijrah Coach 

Hijrah Coach bisa menjadi partner tepat bagi Anda yang hendak mendalami ilmu coaching. 

Melalui program Certified Business Hijrah Coach (CBHC), Anda akan belajar ilmu coaching mulai dari fundamental, metodologi, sampai cara praktik terbaiknya.

Program CBHC di desain untuk membantu Anda dalam mampu mengoptimalkan kompetensi & skill coaching, serta strategi implementasinya dalam bisnis. 

Program ini sangat cocok untuk Anda yang berkarier di bidang Human Resources. Metode coaching akan membantu perusahaan Anda dalam meningkatkan produktivitas kerja secara optimal.

Certified Business Hijrah Coach telah memperoleh akreditasi secara internasional oleh lembaga International Coach Federation (ICF) dan Approved Coach Specific Training Hours (ACSTH).

Benefit Bergabung Program Certified Business Hijrah Coach

Segudang benefit telah menanti Anda untuk bergabung dalam program CBHC. Berikut benefit yang Anda dapatkan:

  • Memperoleh gelar “CBHC” dan titel resmi “Professional Business Coach” 
  • Menjadi Professional Business Coach yang Diakui Lembaga Coaching Dunia (ICF)
  • Peluang bisnis dan income baru sebagai Professional Business Coach
  • Akses penuh tools Coaching dari Hijrah Coach untuk kebutuhan Anda
  • Sesi Coaching dan Mentoring intensif bersama World Class Master Coach

Mulai perjalanan Anda sebagai “Professional Business Coach”, dan terapkan metode coaching secara efektif di perusahaan Anda.

Mari bergabung dalam program Certified Business Hijrah Coach. Dapatkan promo khusus untuk investasi yang lebih hemat!

Daftar Certified Business Hijrah Coach

Certified Business Hijrah Coach (CBHC)

    Pilih Salah Satu*

    Bagaimana Anda tahu tentang program ini?*

    Scroll to Top