tips menjadi ibu bahagia

Tips Menjadi Ibu Bahagia, Biar Moms Gak Gampang Burnout

Di masa sekarang, fenomena seorang Ibu yang meniti karier professional sekaligus mengurus kehidupan rumah tangga sudah menjadi hal yang biasa. Dalam kehidupan sehari-hari, umumnya mereka bekerja secara multitasking dalam memenuhi kedua peran tersebut. Akibatnya, tak jarang ditemukan para Ibu yang merasa lelah, stres, dan burnout ketika harus melakukan peran sebagai wanita karier dan ibu rumah tangga sekaligus.

Namun, Anda para Ibu yang sedang berperan di posisi ini tak perlu khawatir. Kami akan menyajikan beberapa tips menjadi Ibu bahagia agar Moms tidak mudah burnout lewat ulasan berikut.

Tips Menjadi Ibu Bahagia agar Anda Lebih Tenang dan Tidak Mudah Burnout

Menurut laporan Business Performance innovation Network (BPI) and PollFish, sebanyak 60% Ibu pernah merasakan burnout. Dari 60% Ibu tersebut sebanyak 40% nya merasa bahwa burnout mampu memberikan dampak langsung kepada kehidupan mereka.

Menjalani aktivitas yang padat mulai dari pagi hari di rumah hingga malam hari di tempat kerja, tentu akan membuat Anda merasa lelah. Agar rasa lelah tersebut tidak berlanjut hingga mengalami burnout, mari terapkan beberapa tips berikut ini:

1. Kelola Waktu Sebaik Mungkin

Tips pertama yang perlu Anda lakukan agar dapat terus bahagia ditengah padatnya rutinitas sehari-hari, yaitu mengelola waktu dengan baik. Tentukanlah hal-hal apa saja yang menjadi prioritas dan penting untuk dilakukan terdahulu.

Hindari multitasking karena akan mengganggu fokus Anda dalam bekerja. Saat sudah berada di rumah, pergunakanlah waktu sebaik mungkin untuk membangun interaksi dan komunikasi dengan keluarga.

2. Hindari Rasa Bersalah

Tak jarang ditemukan, para Ibu yang merasa bersalah ketika mereka lebih banyak menghabiskan waktunya di tempat kerja. Hal ini disebabkan karena para Ibu menyadari bahwa mereka tidak memiliki cukup waktu untuk bersama keluarga. Apakah Anda juga pernah merasa demikian?

Jika pernah, mulai sekarang hindarilah perasaan bersalah tersebut. Karena ketahuilah Anda bekerja juga demi mencukupi kebutuhan keluarga. Jika benar-benar sibuk bekerja, Anda masih bisa menghabiskan waktu bersama keluarga di saat libur akhir pekan.

3. Penuhi Kebutuhan Tidur yang Cukup

Tips menjadi Ibu bahagia ketiga adalah memenuhi waktu tidur yang cukup. Tidur merupakan istirahat yang efektif dalam menjaga kesehatan Anda. Dengan waktu tidur yang cukup, Anda bisa mengembalikan energi, memperbaiki mood, dan membuat pikiran kembali fokus untuk bekerja.

Walaupun memiliki aktivitas yang sibuk sebagai Ibu rumah tangga sekaligus wanita karier, jangan sampai kekurangan waktu tidur. Karena jika kekurangan tidur, Anda akan lebih cepat merasa lelah dan produktivitas pun menurun.

4. Luangkan Waktu untuk Refreshing

Ditengah kesibukan aktivitas Anda sehari-hari, cobalah meluangkan waktu untuk melakukan refreshing. Dengan refreshing, diharapkan Anda bisa menemukan kesenangan dan kebahagiaan sejenak. Hal ini penting guna mengembalikan mood dan semangat Anda dalam menghadapi padatnya aktivitas sebagai Ibu rumah tangga dan wanita karier.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk refreshing diri, bisa dengan bertamasya bersama keluarga, pergi ke salon, berjumpa dengan komunitas wanita karier, membaca buku kesukaan dan lainnya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Kelemahan Diri Sendiri? Temukan Jawabannya Di sini

5. Olahraga di Waktu Senggang

Saat mempunyai waktu luang, sempatkanlah diri untuk melakukan olahraga. Dengan berolahraga, Anda bisa menjaga tubuh tetap bugar dan terhindar dari penyakit.

Aktivitas olahraga juga akan memicu tubuh untuk memproduksi hormon dopamin dan endorfin. Yang mana kedua hormon tersebut dapat menurunkan kadar stres dan depresi Anda. Serta, menciptakan rasa kebahagiaan dalam diri.

6. Mencari Teman yang Senasib

Carilah teman atau kerabat Anda yang mengalami peran serupa. Dengan memiliki teman, Anda bisa berbagi kisah dan keluh kesah dalam menjalani hidup sebagai Ibu rumah tangga sekaligus wanita karier.

Anda pun dapat belajar dari pengalaman teman tersebut. Lalu, menemukan cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menemukan kebahagian dalam hidup.

Nah, inilah beberapa tips menjadi Ibu bahagia yang bisa Anda coba. Menjalani peran sebagai Ibu rumah tangga dan wanita karier memang bukanlah hal yang mudah. Namun, ketahuilah di sela-sela kesibukkan tersebut, Anda masih bisa mencari cara untuk menemukan kebahagiaan yang cukup demi ketenangan dalam hidup

Mari temukan tips & trik parenting menarik lainnya dengan Follow Instagram Mom as Coach atau Subscribe Hijrah Coach Newsletter.

Scroll to Top